Apakah Keputihan Merupakan Gejala Awal Kanker Serviks? Inilah Jawabannya

Apakah Keputihan Merupakan Gejala Awal Kanker Serviks? Inilah Jawabannya – Permasalahan Keputihan merupakan salah satu permasalahan klasik yang pada kebanyakan menyerang kaum wanita. Ironisnya banyak dari kaum wanita ini tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan yang terjadi pada wanita itu sendiri dan menjadikan hal tersebut enteng. Apabila keputihan tidak ditangani dengan cepat akan berakibat fatal bagi kesehatan wanita. Salah satu hal yang dapat terjadi apabila Keputihan dibiarkan saja yaitu kemandulan dan kehamilan ektopik (hamil di luar rahim) bisa menjadi salah satu akibat dari adanya keputihan, selain itu Keputihan merupakan gejala awal dari kanker rahim yang biasanya dimulai dengan adanya keputihan.
Keputihan adalah keluarnya cairan dari liang vagina wanita, cairan ini beragam mulai dari konsistensi hingga warnanya, ada yang berbau amis, ada yang tidak berbau, ada yang berwarna kekuningan, ada juga yang putih bak susu, ada yang disertai rasa gatal, ada pula yang tidak.
Benarkah Keputihan Merupakan Gejala Awal Penyakit Kanker
Keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu Keputihan Fisiologis dan Keputihan Patologis. Keputihan yang fisiologis disebabkan oleh perubahan hormonal bulanan pada wanita dalam masa subur, seringkali vagina mengeluarkan cairan yang berlebihan sehingga muncul sebagai keputihan, ciri-ciri keputihan yang fisiologis antara lain:
  1. Tidak berbau.
  2. Tidak gatal.
  3. Jumlah cairan umumnya sedikit.
  4. Konsistensinya encer dan bewarna bening.
Sementara keputihan yang patologis biasanya didapatkan pada kasus infeksi, atau justru sebagai penanda awal munculnya kanker pada wanita, yang sering adalah kanker leher rahim atau kanker serviks yang akhir-akhir ini semakin merajarela. sementara untuk infeksi, sering disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Previous
Next Post »